September Wings Air Mulai Layani Penerbangan di Bandara Tanjung Selor

September Wings Air Mulai Layani Penerbangan di Bandara Tanjung Selor


TANJUNG SELOR Kaltaraterkini.com – Upaya yang dilakukan oleh Pemprov (Pemerintah Provinsi) Kaltara Dr. H. Irianto Lambrie dalam hal pengembangan Bandar Udara Tanjung Harapan, Tanjung Selor telah tercapai manfaatnya. Seperti yang diketahui bahwa pengembangan bandara merupakan salah satu prioritas Pemprov Kaltara.

Wings Air milik Lion Grup dengan menggunakan Pesawat Jenia ATR72-600 akan mulai beroperasi melayani penerbangan masuk maupun keluar dari Bandara Tanjung Harapan, Tanjung Selor. Dimana sebelumnya pada tanggal 8 Agustus lalu telah sukses di lakukan uji coba.

“Berdasarkan informasi yang disampaikan pihak pengelola Bandara bahwa rencananya pesawat jenia ATR72-600 ini akan melayani rute penerbangan dari Balikpapan-Tanjung Selor begitu pun sebaliknya, setiap hari mulai tanggal 11 September 2017 mendatang. Dan untuk informasi pemesanan tiket bisa dilakukan melalui aplikasi layanan pembelian tiket online semisal Traveloka,” kata Irianto.

Hal ini patut kita syukuri bersama karena harapan kita semua akhirnya terwujud, untuk pertama kalinya setelah bertahun-tahun pesawat dengan kapasitas lebih besar yakni sekitar 78 penumpang mulai memasuki bandara ibu kota provinsi termuda ini.

Pihak pemerintah juga akan terus berupaya memperbesar bandara, setelah perpanjangan runway dan pemotongan bukit secara bertahap pengembangan bandara akan terus dilakukan, termasuk pembangunan terminal bandara dan fasilitas lainnya.

Guna diketahui, ATR72-600 dilengkapi dengan teknologi terbaru yang di bangun dengan memiliki efisiensi yang lebih tinggi, kehandalan yang lebih baik, konsumsi bahan bakar dan biaya operasi rendah. Pesawat ini juga dilengkapi dengan mesin standard PW127M (mesin baru menyediakan peningkatan 5 persen tenaga termodinamikasaat lepas landas, performa yang lebih baik pada landasan pendek, dalam kondisi cuaca panas atau ketinggian. Dilengkapi dengan ‘fungsi boots’ yang digunakan untuk menambah tenaga, hanya digunakan saat lepas landas).

Dek penerbangan dengan kokpit digital dilengkapi dengan lima layar LCD yang akan menggantikan Electronic Flight Instrument System (EFIS) yang dipakai saat ini. Sebagai tambahan sebuah Multi-Purpose Computer (MPC) akan meningkatkan keamanan penerbangan dan kemampuan operasional. Pesawat ini juga dilengkapi dengan sistem pencahayaan baru dan kursi yang lebih nyaman dan ruang barang yang diatas kepala lebih besar.(Humas/sk)

Posting Komentar